- Home>
- komputer dan masyarakat >
- KOMPUTER DAN INTERNET
Posted by : Unknown
Rabu, 16 Desember 2015
A. Komputer
1. Apa itu Komputer
?
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang
artinya menghitung. Dalam bahasa
Inggris disebut to
compute. Secara definisi
komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan
alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah
data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah
kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat
kita gambarkan sebagai berikut :
·
Input
Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori
komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
·
Prosesor,
adalah perangkat utama
komputer yang mengelola
seluruh aktifitas komputer itu
sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
·
Control
Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua
perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output
device.
·
Arithmetic
Logic Unit (ALU),
merupakan bagian dari prosesor
yang khusus mengolah data
aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
·
Memori adalah media penyimpan data pada
komputer. Memori ini terbagi atas dua
macam, yaitu ;
·
Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya
bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik
pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah
yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM
antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah
untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk
menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran
listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan
banyak macamnya, al ;
a. PROM (Programable
ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu
kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
b. RPROM
(Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat
melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
c. EPROM (Erasable
Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi
cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
d. EEPROM
(Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana
kita dapat mengubah dan
menghapus program ROM
dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang
paling banyak digunakan saat ini.
·
Random
Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM
adalah memori yang
dapat diakses secara
random. RAM berfungsi
untuk menyimpan program yang kita olahuntuk sementara waktu (power on)
jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan
hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer.Agar
data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka
diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, PCMCIA card
dan lain-lain.
·
Output
Device, adalah perangkat
komputer yang berguna
untuk menghasilkan keluaran,
apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran
berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang
lainnya.
Dari penjelasan diatas
dapat kita simpulkan
bahwa prinsip kerja
komputer tersebut diawali
memasukan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa
oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam
memori komputer atau
disk. Data yang
disimpan dapat kita
lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
2. Komponen-Komponen
Komputer
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat
dipisahkan, yaitu ;
·
Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan
fisik dari komputer yang dapat kita
lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;
·
Input/Output Device (I/O Device)
·
Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran,
seperti keyboard dan printer. (lihat sub menu periferal)
·
Storage Device (perangkat penyimpanan)
Merupakan media untuk menyimpan data seperti
disket, harddisk, CD-I,dll.
·
Monitor /Screen
Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita
ketikkan pada papan keyboard setelahdiolah oleh prosesor. Monitor disebut juga
dengan Visual Display Unit (VDU).
·
Casing Unit
Casing unit adalah tempat dari semua peralatan komputer,
baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU).
Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
·
Central Procesing Unit (CPU)
Central Procesing Unit adalah salah satu bagian komputer
yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik
tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama
oleh jenis prosesornya. Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya
akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
Software
(perangkat lunak), merupakan
program-program komputer yang
berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang
dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh
komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;
Sistem Operasi,
seperti DOS, Unix, Novell, OS/2, Windows, dll.
Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh
perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling
berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan
sama sekali.
Program Utility,
seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.
Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi
kekurangan/kelemahan dari system operasi,misalnya PC Tools dapat melakukan
perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan
animasi yang bagus dalam
proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak
dapat dikembalikan
lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
Program Aplikasi,
seperti GL, MYOB, Payroll, dll.
Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan
tertentu, seperti program gaji pada
suatu perusahaan. Maka
program ini hanya
digunakan oleh bagian keuangan
saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya
program aplikasi ini
dibuat oleh seorang
programmer komputer sesuai
dengan
permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna
keperluan interennya.
Program Paket,
seperti MS-Word, MS-Excel, Lotus 125, dll
Adalah program yang
disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak
orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-Word, dapat digunakan oleh
departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk
membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
Bahasa
Pemrograman, Pascal, Fortran, Clipper, dBase, dll.
Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat
program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa
pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;
1. Low Level Language, bahasa pemrograman generasi
pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena
instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah
pembuatnya saja.
2. Midle Level
Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana
penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih
sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatan- singakatan seperti
STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan
dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula
Translator).
3. High Level
Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti,
karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, COBOL, dBase dll.
·
Brainware (User), adalah personil-personil yang
terlibat langsung dalam pemakaian komputer, sepertiSistem analis, programmer,
operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi
biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP
(Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang
dikepalai oleh seorang Manager EDP.
B. Jaringan Komputer
1.1 Definisi Jaringan Komputer
Dengan berkembangnya teknologi komputer dan komunikasi suatu
model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu
organisasi kinitelah diganti dengan
sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan
dalam melaksanakan tugasnya, sistem seperti ini disebut jaringan komputer
(computer network).
1.1.1 Jaringan untuk perusahaan/organisasi
Dalam membangun jaringan komputer di perusahaan/ organisasi,
ada beberapa keuntungan yang dapat
diperoleh dalam hal-hal resource sharing, reliabilitas tinggi, lebih ekonomis,
skalabilitas, dan media komunikasi.
Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan,
khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa
terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai. jadi sourcesharing adalah suatu
usaha untuk menghilangkan kendala jarak.
Dengan menggunakan jaringan komputer akan memberikan
reliabilitas tinggi yaitu adanya sumber-sumber alternatif pengganti jika terjadi masalah pada salah
satu perangkat dalam jaringan, artinya karena perangkat yang digunakan lebih
dari satu jika salah satu perangkat mengalami masalah, maka perangkat yang lain
dapat menggantikannya.
Komputer yang kecil memiliki rasio harga/kinerja yang lebih
baik dibanding dengan komputer besar. Komputer mainframe memiliki kecepatan
kurang lebih sepuluh kali lipat kecepatan komputer pribadi, akan tetapi harga
mainframe seribu kalinya lebih mahal. Dengan selisih rasio harga/kinerja yang
cukup besar ini menyebabkan perancang sistem
memilih membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi
dibanding menggunakan mainframe.
Yang dimaksud dengan skalabilitas yaitu kemampuan untuk
meningkatkan kinerja sistem secara berangsur-angsur sesuai dengan beban
pekerjaan dengan hanya menambahkan sejumlah prosesor. Pada komputer mainframe
yang tersentralisasi, jika sistem sudah jenuh, maka komputer harus diganti
dengankomputer yang mempunyai kemampuan lebih besar.
Hal ini membutuhkan biaya yang
sangat besar dan dapat menyebabkan gangguan terhadap
kontinyuitas kerja para pemakai.
Sebuah jaringan komputer mampu bertindak sebagai media
komunikasi yang baik bagi para pegawai
yang terpisah jauh. Dengan menggunakan jaringan, dua orang atau lebih yang
tinggal berjauhan akan lebih mudah bekerja sama dalam menyusun laporan.
1.1.2 Jaringan untuk umum
Apa yang telah diulas di atas bahwa minat untuk membangun
jaringan komputer semata-mata hanya didasarkan pada alasan ekonomi dan
teknologi saja. Bila komputer mainframe yang besar dan baik dapat diperoleh dengan harga murah, maka akan
banyak perusahaan/organisasi yang menggunakannya.
Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda
kepada perorangan
di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan
pada perusahaan seperti apa yang telah diulas di atas. Terdapat tiga hal pokok
yang mejadi daya tarik jaringan
komputer pada perorangan yaitu:
§ access ke
informasi yang berada di tempat yang
jauh
§ komunikasi
orang-ke-orang
§ hiburan interaktif.
Ada bermacam-macam bentuk access ke infomasi jarak jauh yang
dapat dilakukan, terutama setelah berkembangnya teknologi internet ,
berita-berita di koran sekarang dapat di down load ke komputerkita melalui
internet, dan tidak hanya itu sekarang kita dapat melakukan pemesanan suatu
produk melaluiinternet, bisnis yang dikenal dengan istilah electronic commerce
(e-commerce), ini sekarang sedang
berkemang dengan pesat .
Dengan menggunakan internet kita juga dapat melakukan
komunikasi orang-ke orang , fasilitas electronic mail (e-mail) telah dipakai
secara meluas oleh jutaan orang. Komunikasi menggunakan e-mail inimasih
mengandung delay atau waktu tunda.
Videoconference atau pertemuan maya merupakan teknologi yang
memungkinkan terjadinya komunikasi jarak jauh tanpa delay. Pertemuan maya ini
dapat pula digunakan untuk keperluan sekolah jarak jauh, memperoleh hasil
pemeriksaan medis seorang dokter yang berada di tempat yang jauh, dan sejumlah
aplikasi lainnya.
Video on demand merupakan daya tarik ketiga dai jaringan
komputer bagi orang per orang dimana kita dapat memilih film atau acara televisi dari negara mana saja
dan kemudian ditampilkan di layar monitor kita.
1.1.3 Masalah sosial jaringan
Penggunaan jaringan oleh masyarakat luas akan menyebabkan
masalah-masalah sosial, etika, dan politik. Internet telah masuk ke segala penjuru kehidupan masyarakat, semua orang
dapat memanfaatkannya tanpa memandang
status sosial, usia, jenis kelamin. Penggunaan internet tidak akan menimbulkan
masalah selama subyeknya terbatas pada topik-topik teknis, pendidikan atau
hobi, hal-hal dalam batasnorma-norma kehidupan, tetapi kesulitan mulai muncul
bila suatu situs di internet mempunyai
topik yang sangat menarik perhatian orang, seperti politik, agama, sex.
Gambar-gambar yang dipasang di situs-situstersebut mungkin akan merupakan
sesuatu yang sangat mengganggu bagi sebagian orang. Selain itu, bentuk
pesan-pesan tidaklah terbatas hanya pesan tekstual saja. Foto berwarna dengan
resolusi tinggi danbahkan video clip singkatpun sekarang dapat dengan mudah
disebar-luaskan melalui jaringan komputer.Sebagian orang dapat bersikap acuh
tak acuh, tapi bagi sebgaian lainnya pemasangan materi tertentu (misalnya
pornografi ) merupakan sesuatu yang tidak dapat diterima.
1.2 Macam Jaringan
Komputer
Dalam mempelajari macam-macam jaringan komputer terdapat dua
klasifikasi yang sangat penting yaitu teknologi transmisi dan jarak. Secara
garis besar, terdapat dua jenis teknologi transmisi yaitu jaringan broadcast dan jaringan
point-to-point
Jaringan broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yang
dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan.
Pesan-pesan berukuran kecil, disebut paket, yang dikirimkan
oleh suatu mesin akan diterima oleh mesin-mesin lainnya. Field alamat pada
sebuah paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket tersebut ditujukan.
Saat menerima paket, mesin akan mencek field alamat. Bila paket terserbut
ditujukan untuk dirinya, maka mesin akan memproses paket itu , bila paket
ditujukan untuk mesin lainnya, mesin terserbut akan mengabaikannya.
Jaringan point-to-point terdiri dari beberapa koneksi
pasangan individu dari mesin-mesin. Untuk mengirim paket dari sumber ke suatu
tujuan, sebuah paket pad ajringan jenis ini mungkin harus melaluisatu atau
lebih mesin-mesin perantara. Seringkali harus melalui baynak route yang mungkin berbedajaraknya. Karena itu
algoritma rout memegang peranan penting pada jaringan point-to-point.
Pada umumnya jaringan
yang lebih kecil dan terlokalisasi secara geografis cendurung memakai
broadcasting, sedangkan jaringan yang lebih besar menggunakan point-to-point.