• Posted by : Unknown Rabu, 16 Desember 2015

     




    A. Komputer
    1.   Apa itu Komputer ?
    Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam  bahasa Inggris  disebut    to  compute.    Secara  definisi  komputer  diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut :

           
    ·         Input  Device,  adalah  perangkat-perangkat  keras  komputer  yang  berfungsi  untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
    ·         Prosesor,  adalah  perangkat  utama  komputer  yang  mengelola  seluruh  aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
    ·         Control  Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
    ·         Arithmetic  Logic  Unit  (ALU),  merupakan  bagian  dari  prosesor  yang  khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).

    ·         Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori ini   terbagi atas dua macam, yaitu ;
    ·         Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, al ;
    a.   PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
    b.   RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
    c.   EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
    d.   EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM  dimana  kita  dapat mengubah  dan  menghapus  program  ROM  dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
    ·          Random  Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah   memori  yang   dapat   diakses   secara   random.   RAM   berfungsi   untuk menyimpan program yang kita olahuntuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer.Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, PCMCIA card dan lain-lain.

    ·         Output  Device,  adalah  perangkat  komputer  yang  berguna  untuk  menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya.

    Dari  penjelasan  diatas  dapat  kita  simpulkan  bahwa  prinsip  kerja  komputer  tersebut diawali memasukan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori  komputer  atau  disk.  Data  yang  disimpan  dapat  kita  lihat  hasilnya  melalui perangkat keluaran.


    2.   Komponen-Komponen Komputer
    Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;
    ·         Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan fisik dari komputer  yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;
    ·         Input/Output Device (I/O Device)
    ·         Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer. (lihat sub menu periferal)
    ·         Storage Device (perangkat penyimpanan)
    Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I,dll.



    ·         Monitor /Screen
    Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelahdiolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).

    ·         Casing Unit
    Casing unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU). Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
    ·         Central Procesing Unit (CPU)
    Central Procesing Unit adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya. Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.

    Software  (perangkat  lunak),  merupakan  program-program  komputer  yang  berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;
        Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Novell, OS/2, Windows, dll.
    Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
        Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.
    Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi,misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam
    proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan
    lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
        Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll, dll.
    Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program  gaji  pada  suatu  perusahaan.  Maka  program  ini  hanya  digunakan  oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya
    program  aplikasi  ini  dibuat  oleh  seorang  programmer  komputer  sesuai  dengan
    permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan interennya.
        Program Paket, seperti MS-Word, MS-Excel, Lotus 125, dll
    Adalah  program yang disusun  sedemikian  rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-Word, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk
    membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
        Bahasa Pemrograman, Pascal, Fortran, Clipper, dBase, dll.
    Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;
    1. Low  Level  Language, bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
    2.  Midle  Level  Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatan- singakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).

    3.  High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, COBOL, dBase dll.

    ·         Brainware (User), adalah personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, sepertiSistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.

    B. Jaringan Komputer

    1.1 Definisi Jaringan Komputer

    Dengan berkembangnya teknologi komputer dan komunikasi suatu model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi kinitelah diganti dengan   sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya, sistem seperti ini disebut jaringan komputer (computer network).
    1.1.1 Jaringan untuk perusahaan/organisasi

    Dalam membangun jaringan komputer di perusahaan/ organisasi, ada beberapa keuntungan   yang dapat diperoleh dalam hal-hal resource sharing, reliabilitas tinggi, lebih ekonomis, skalabilitas, dan media komunikasi.
    Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai. jadi sourcesharing adalah suatu usaha untuk menghilangkan kendala jarak.
    Dengan menggunakan jaringan komputer akan memberikan reliabilitas tinggi yaitu adanya sumber-sumber alternatif   pengganti jika terjadi masalah pada salah satu perangkat dalam jaringan, artinya karena perangkat yang digunakan lebih dari satu jika salah satu perangkat mengalami masalah, maka perangkat yang lain dapat menggantikannya.
    Komputer yang kecil memiliki rasio harga/kinerja yang lebih baik dibanding dengan komputer besar. Komputer mainframe memiliki kecepatan kurang lebih sepuluh kali lipat kecepatan komputer pribadi, akan tetapi harga mainframe seribu kalinya lebih mahal. Dengan selisih rasio harga/kinerja yang cukup besar ini menyebabkan perancang sistem   memilih membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi dibanding menggunakan mainframe.
    Yang dimaksud dengan skalabilitas yaitu kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem secara berangsur-angsur sesuai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambahkan sejumlah prosesor. Pada komputer mainframe yang tersentralisasi, jika sistem sudah jenuh, maka komputer harus diganti dengankomputer yang mempunyai kemampuan  lebih  besar.  Hal  ini  membutuhkan biaya  yang  sangat  besar dan  dapat menyebabkan gangguan terhadap kontinyuitas kerja para pemakai.
    Sebuah jaringan komputer mampu bertindak sebagai media komunikasi   yang baik bagi para pegawai yang terpisah jauh. Dengan menggunakan jaringan, dua orang atau lebih yang tinggal berjauhan akan lebih mudah bekerja sama dalam menyusun laporan.

    1.1.2 Jaringan untuk umum

    Apa yang telah diulas di atas bahwa minat untuk membangun jaringan komputer semata-mata hanya didasarkan pada alasan ekonomi dan teknologi saja. Bila komputer mainframe yang besar dan baik  dapat diperoleh dengan harga murah, maka akan banyak perusahaan/organisasi yang menggunakannya.
    Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada perorangan


    di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan seperti apa yang telah diulas di atas. Terdapat tiga hal pokok yang   mejadi daya tarik jaringan komputer pada   perorangan yaitu:
    §  access ke informasi    yang berada di tempat yang jauh
    §  komunikasi orang-ke-orang
    §  hiburan interaktif.
    Ada bermacam-macam bentuk access ke infomasi jarak jauh yang dapat dilakukan, terutama setelah berkembangnya teknologi internet , berita-berita di koran sekarang dapat di down load ke komputerkita melalui internet, dan tidak hanya itu sekarang kita dapat melakukan pemesanan suatu produk melaluiinternet, bisnis yang dikenal dengan istilah electronic commerce (e-commerce),   ini sekarang sedang berkemang dengan pesat .
    Dengan menggunakan internet kita juga dapat melakukan komunikasi orang-ke orang , fasilitas electronic mail (e-mail) telah dipakai secara meluas oleh jutaan orang. Komunikasi menggunakan e-mail inimasih mengandung delay atau waktu tunda.
    Videoconference atau pertemuan maya merupakan teknologi yang memungkinkan terjadinya komunikasi jarak jauh tanpa delay. Pertemuan maya ini dapat pula digunakan untuk keperluan sekolah jarak jauh, memperoleh hasil pemeriksaan medis seorang dokter yang berada di tempat yang jauh, dan sejumlah aplikasi lainnya.
    Video on demand merupakan daya tarik ketiga dai jaringan komputer bagi orang per orang dimana kita dapat memilih film   atau acara televisi dari negara mana saja dan kemudian ditampilkan di layar monitor kita.



    1.1.3 Masalah sosial jaringan

    Penggunaan jaringan oleh masyarakat luas akan menyebabkan masalah-masalah sosial, etika, dan politik. Internet telah masuk ke segala   penjuru kehidupan masyarakat, semua orang dapat   memanfaatkannya tanpa memandang status sosial, usia, jenis kelamin. Penggunaan internet tidak akan menimbulkan masalah selama subyeknya terbatas pada topik-topik teknis, pendidikan atau hobi, hal-hal dalam batasnorma-norma kehidupan, tetapi kesulitan mulai muncul bila suatu situs di internet mempunyai   topik yang sangat menarik perhatian orang, seperti politik, agama, sex. Gambar-gambar yang dipasang di situs-situstersebut mungkin akan merupakan sesuatu yang sangat mengganggu bagi sebagian orang. Selain itu, bentuk pesan-pesan tidaklah terbatas hanya pesan tekstual saja. Foto berwarna dengan resolusi tinggi danbahkan video clip singkatpun sekarang dapat dengan mudah disebar-luaskan melalui jaringan komputer.Sebagian orang dapat bersikap acuh tak acuh, tapi bagi sebgaian lainnya pemasangan materi tertentu (misalnya pornografi ) merupakan sesuatu yang tidak dapat diterima.
     1.2 Macam Jaringan Komputer
    Dalam mempelajari macam-macam jaringan komputer terdapat dua klasifikasi yang sangat penting yaitu teknologi transmisi dan jarak. Secara garis besar, terdapat dua jenis teknologi transmisi   yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point
    Jaringan broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan.
    Pesan-pesan berukuran kecil, disebut paket, yang dikirimkan oleh suatu mesin akan diterima oleh mesin-mesin lainnya. Field alamat pada sebuah paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket tersebut ditujukan. Saat menerima paket, mesin akan mencek field alamat. Bila paket terserbut ditujukan untuk dirinya, maka mesin akan memproses paket itu , bila paket ditujukan untuk mesin lainnya, mesin terserbut akan mengabaikannya.
    Jaringan point-to-point terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari mesin-mesin. Untuk mengirim paket dari sumber ke suatu tujuan, sebuah paket pad ajringan jenis ini mungkin harus melaluisatu atau lebih mesin-mesin perantara. Seringkali harus melalui baynak route  yang mungkin berbedajaraknya. Karena itu algoritma rout memegang peranan penting pada jaringan    point-to-point.
    Pada umumnya jaringan  yang lebih kecil dan terlokalisasi secara geografis cendurung memakai broadcasting, sedangkan jaringan yang lebih besar menggunakan point-to-point.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Komputer dan masyarakat

    Komputer dan masyarakat - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan